تعلم حديقة دين الإسلام
Selamat Datang di Blog: "Madrasah Diniyah Takmiliyah Darunnajah Cipining" Jadikan Blog ini sebagai Taman Belajar Putra-putri anda

Rabu, 11 Mei 2011

Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Diniyah Ula (DU)

C. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Diniyah Ula (DU)
1.       Al-Qur’an
a.       Memiliki kemampuan membaca al-Qur’an dengan benar dan fasih (tartil) serta telah khatam 30 juz al-Qur’an bin-nadzar
b.      Memiliki kemampuan menghafal, menulis, dan memahami al-Qur’an juz ke 30 (Juz ‘Amma) dengan lancer dan bertajwid, serta dipergunakannya dalam setiap shalat 5 waktu.
c.       Memiliki kemampuan mengartikan surat-surat al-Qur’an juz ke 30 (Juz ‘Amma) ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
d.      Memahami ilmu tajwid yang meliputi bacaan Idzhar, Idhgom bighunnah, Idghom Bilagunnah, Ikhfa’, Iqlab, Idghom mutamasilain, Idzhar Syafawi, Ikhfa’ Syafawi dan lain-lainnya serta dapat menerapkannya dalam setiap pembacaan al-Qur’an sehari-hari
e.      Memahami sebagian tafsir surat-surat al-Qur’an juz ke 30 (Juz ‘Amma) dan dapat mengambil hikmah/pelajaran daripadanya serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
f.        Memahami dan mencintai al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup umat Islam

2.       Al-Hadits
a.       Membaca, menghafal, menulis dan memahami 40 matan hadits-hadits pendek pilihan yang terkait dengan masalah-masalah kehidupan sehari-hari seperti rukun Iman, rukun Islam, makna Ihsan, kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahmi, takwa, menyayangi anak yatim, shalat berjamaah, ciri-ciri orang munafik, amal shalih, beberapa akhlak mulia dan akhlak tercela serta hadits-hadits pendek lainnya.
b.      Memiliki kemampuan menulis hadits kembali 40 matan hadits pilihan yang telah dihafal dan dapat mengartikannya kedalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta pemahaman dan pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan sehari-hari
c.       Memahami makna dan kedudukan hadits Nabi saw serta peran dan fungsinya terhadap al-Qur’an secara sederhana dengan mengkaitkannya pada praktek ibadah dan interaksi sosial (mu’amalah) kehidupan sehari-hari
d.      Mengenal dan mengetahui secara singkat tentang tokoh-tokoh perawi hadits (al-Kutub al-Tis’ah) beserta kitab-kitab hadits karyanya.

3.       Tauhid
a.       Memahami makna tauhid dan dalilnya
b.      Memahami, meyakini dan menghayati iman kepada Allah dengan sifat-sifat dan ‘asma (nama)-Nya serta menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari
c.       Memahami dan meyakini iman kepada malaikat Allah dengan nama dan tugasnya serta mampu menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari
d.      Memahami, meyakini, dan menghayati iman kepada kitab-kitab suci Allah serta menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari
e.      Memahami, meyakini, dan menghayati iman kepada Rasul-rasul Allah dengan nama, sifat, dan mu’jizatnya, serta menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari
f.        Memahami, meyakini, menghayati iman kepada hari akhir dengan kehidupan di akhirat mulai kebangkitan, penghitungan amal, surge dan neraka serta menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari
g.       Memahami, meyakini, dan menghayati iman kepada qadla dan qadar Allah swt serta mampu menerapkan keimanannya dalam kehidupan sehari-hari


4.       Akhlak
a.       Mengenal makna akhlak Islam serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
b.      Mengenal, meyakini, dan menghayati akhlak terpuji dalam Islam baik dalam hubungannya dengan Allah, alam sekitar, orang lain, dan diri sendiri serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Mengenal akhlaq tercela dalam Islam baik dalam hubungannya dengan Allah, alam sekitar, orang lain, dan diri sendiri serta menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari
d.      Mengenal dalil-dalil tentang akhlaq terpuji dan tercela baik dalam hubungannya dengan Allah, alam sekitar, orang lain dan diri sendiri

5.       Fikih
a.       Mengenal, memahami, dan melaksanakan tata cara pelaksanaan taharah
b.      Mengenal, memahami, dan melaksanakan tata cara pelaksanaan Shalat
c.       Mengenal, memahami, dan melaksanakan tata cara pelaksanaan Puasa
d.      Mengenal, memahami, dan melaksanakan zakat
e.      Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan tata cara pelaksanaan ibadah haji
f.        Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan tentang makanan dan minuman
g.       Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan dan tata cara pelaksanaan khitan
h.      Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan dan tata cara pelaksanaan kurban
i.         Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan dan tata cara pelaksanaan jual beli
j.        Mengenal, memahami, dan melaksanakan ketentuan dan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam

6.       Tarikh Islam
a.       Mengenal, menceritakan, memahami kisah kehidupan Nabi Muhammad saw dimasa kecil hingga masa kerasulannya dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
b.      Mengenal, menceritakan, memahami kisah kehidupan dan perjuangan Nabi Muhammad saw dimasa kerasulannya di Makkah serta meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
c.       Mengenal, menceritakan, dan memahami kisah kehidupan dan perjuangan sahabat Nabi saw di Makkah serta meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
d.      Mengenal, menceritakan dan memahami kisah perjuangan Nabi Muhammad saw dan para Sahabatnya di Madinah serta meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
e.      Mengenal, memahami dan mengambil hikmah serta pelajaran dari peristiwa-peristiwa penting tentang sejarah dan kebudayaan Islam di masa Nabi Muhammad saw
f.        Mengenal kisah 10 sahabat yang di janjikan masuk surge dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
g.       Mengenal, menjelaskan dan memahami sejarah masuknya Islam di Indonesia serta mengambil hikmah dari perjuangan walisongo di Indonesia.

7.       Matematika
a.       Mengenal dan memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifat lainnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
b.      Mengenal dan memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsure-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
c.       Mengenal dan memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan kehidupan sehari-hari
d.      Mengenal dan memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
e.      Mengenal dan memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan table, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
f.        Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

8.       Bahasa Arab
a.       Mampu menguasai kosa kata yang terkait dengan aspek akidah, akhlak, al-Qur’an, hadits, fiqih, sosial, dan budaya, baik dalam kehidupan sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga bangsa, dan warga Negara
b.      Mampu memahami dan menentukan struktur dalam kalimat sempurna
c.       Mampu mendengar dan memahami ucapan berbahasa Arab baik secara langsung atau tidak langsung
d.      Mampu mengungkapkan pendapat secara lisan dalam bahasa Arab dengan menggunakan ungkapan
e.      Mampu membaca dan memahami berbagai tema dengan makna kata dan pemahaman yang tepat
f.        Mampu menyusun kalimat sederhana dengan kosa kata dan struktur kalimat yang telah diajarkan dengan benar

9.       Bahasa Indonesia
a.       Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda disekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun dan cerita rakyat
b.      Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, member petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama dan puisi
c.       Menggunakan berbagai jenis kegiatan membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama
d.      Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, paraphrase, serta berbagai karya sastra untuk anak yang berbentuk cerita, puisi dan pantun.

10.   Ilmu Pengetahuan Alam
a.       Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
b.      Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
c.       Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
d.      Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunannya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
e.      Memahami berbagai bentuk energy, perubahan dan manfaatnya
f.        Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
g.       Memahami keberadaan alam semesta dan gejalanya dengan kemahakuasaan Allah swt

11.   Pendidikan Kewarganegaraan
a.       Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
b.      Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah, di ma’had (Pesantren) Diniyah Ula dan di Masyarakat
c.       Memahami hak dan kewajiban sebagai anggota dalam keluarga, santri pada Ma’had Diniyah Ula dan warga di lingkungan masyarakat sekitar
d.      Memahami hidup tertib dan gotong royong
e.      Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
f.        Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Islam dan Pancasila
g.       Memahami system pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
h.      Memahami makna keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan
i.         Memahami nilai-nilai kebersamaan Ilsam dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia
j.        Memahami adat istiadat, kebiasaan, dan budaya local
k.       Menghargai musyawarah yang menghasilkan keputusan bersama
l.         Memahami dan menghargai makna nilai-nilai perjuangan bangsa
m.    Memahami hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri.

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)

B. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
       Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) Diniyah Ula atau nama lain yang sejenis terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran:
1.       Keagamaan Islam;
2.       Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.       Etika;
5.       Olah Raga, Kesehatan dan jasmani.

       Standar Kompetensi Kelompok mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:
1.       Kelompok mata pelajaran keagamaan Islam bertujuan: membentuk santri menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt serta berakhlak mulia, dan mempersiapkan bekal bagi santri untuk menjadi ahli ilmu agama Islam. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan materi yang meliputi al-Qur’an, al-Hadits, akidah, akhlak, fiqih, dan sejarah kebudayaan Islam.
2.       Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan: membentuk santri menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan da cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan materi pendidikan kewarganegaraan, seni dan budaya.
3.       Kelompok mata pelajaran Bahaa bertujuan: membentuk santri menjadi manusia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan meliputi kemahiran membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Tujuan ini dapat dicapai melalui muatan materi bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa pendukung lainnya.
4.       Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis santri pada satuan pendidikan Diniyah Ula (DU). Tujuan ini dicapai melalui muatan materi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan muatan local yang relevan.
5.       Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter santri menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan materi bahasa, seni dan budaya, an muatan local yang relevan.
6.       Kelompok mata pelajaran Olah Raga, Kesehatan dan Jasmanibertujuan: membentuk karakter santri agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportifitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan materi pendidikan olahraga, pendidikan kesehatan, jasmani, dan muatan local yang relevan.

       Adapun Standar Kompetensi Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk Diniyah Ula atau nama lain yang sejenis adalah sebagai berikut:
1.       Keagamaan Islam
a.       Membaca, menulis dan menghafal sebagian surat al-Qur’an
b.      Membaca, menulis dan menghafal sebagian Teks al-Hadits
c.       Meyakini dan menghafal Dasar-dasar keimanan Islam
d.      Mempraktekan perilaku akhlak al-karimah
e.      Mengenal dan mengamalkan dasar-dasar syariat Islam
f.        Mengetahui sejarah awal Islam
g.       Menjalankan ajaran agama Islam sesuai dengan tahap perkembangan anak
h.      Menunjukkan sikap jujur dan adil
i.         Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
j.        Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Allah swt
k.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, suci, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan Islam
l.         Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Allah swt

2.       Kewarganegaraan dan Kepribadian
a.       Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap agama Islam, bangsa, Negara dan tanah air Indonesia
b.      Mematuhi nilai-nilai Islam dan aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
c.       Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
d.      Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
e.      Mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri
f.        Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
g.       Berkomunikasi secara santun
h.      Menunjukkan kegemaran membaca
i.         Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan ajaran Islam
j.        Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
k.       Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

3.       Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
a.       Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
b.      Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
c.       Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
d.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
e.      Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sosial
f.        Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung
g.       Menunjukkan hubungan antar ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ajaran Islam
h.      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan ajaran Islam

4.       Estetika
a.       Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya
b.      Menampilkan manusia sebagai makhluk Allah swt yang paling mulia
c.       Menunjukkan pengamalan hubungan ajaran Islam dengan aspek keindahan
d.      Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia
e.      Menunjukkan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
f.        Menunjukkan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan bahasa Arab dan bahasa asing pendukung lainnya dengan baik dan benar
g.       Menghargai keberagaman bahasa di lingkungan sekitarnya
h.      Menunjukkan kemampuan berbahasa Arab dalam memahami sumber-sumber ajaran Islam
i.         Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
j.        Berkomunikasi secara santun
k.       Menunjukkan kegemaran membaca
l.         Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

5.       Olah Raga, Kesehatan dan jasmani
a.       Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan ajaran Islam
b.      Mengenal dan mempraktekkan berbagai cabang olah raga
c.       Mengenal dan mempraktekkan cara hidup sehat dan bersih
d.      Memelihara kesehatan jasmani dan rohani



Pendahuluan


Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi santri agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Untuk mengembangkan fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu system pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan Nasional harus mampu menjamin permintaan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen Pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatan kwalitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis keagamaan Islam dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan.

Implementasi Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain pertama, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan 8 Standar Nasional Pendidikan, yaitu; Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan, Standar sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. Kedua, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan memberikan arahan tentang kebijakan pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.

Dalam dokumen (blog) ini dibahas standar isi sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang secara keseluruhan mencakup:

1.       Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan
2.       Beban Belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan diniyah dasar
3.       Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari Standar isi, dan
4.       Kalender Pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan (jenjang pendidikan diniyah dasar)

Standar isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Struktur Kurikulum Madrasah Diniyah Ulya (DUy)


Struktur Kurikulum Madrasah Diniyah Ulya*
No
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Jmlh
I
II
III
A.        PENDIDIKAN DASAR KEAGAMAAN ISLAM
1
Tafsir Al-Qur’an
3
3
3
3
3
3
18
2
Syarah Hadits
3
3
3
3
3
3
18
3
Fiqih
4
4
4
4
4
4
24
4
Tauhid
2
2
2
2
2
2
12
5
Akhlak
3
3
3
3


12
6
Tarikh Islam
2
2
2
2
2
2
12
7
Bahasa dan Sastra Arab
3
3
3
3
3
3
18

Total







B.        PENDIDIKAN DASAR UMUM
1
Bahasa dan Sastra Indonesia
2
2
2
2
2
2
12
2
Matematika
2
2
2
2
2
2
12
3
Pendidikan Kewarganegaraan
3
3
3
3
3
3
18
4
Ilmu Pengetahuan Alam
3
3
3
3
3
3
18
5
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
12
6
Pendidikan Seni dan Budaya
2
2
2
2
2
2
12










Total







C.        PENGEMBANGAN KEILMUAN ISLAM
1
Ushul Fikh
3
3
3
3
3
3
18
2
Ulumul Qur’an
2
2
2
2
2
2
12
3
Ilmu Hadits
3
3
3
3
3
3
18
4
Ushul Fiqh
3
3
3
3
3
3
18
5
Ilmu Mantiq


2
2
2
2
12










Total







D.       MUATAN LOKAL**
1
……………………………..
2
2
2
2
2
2
12
2
……………………………..


2
2
2
2
8
3
……………………………..


2
2
2
2
8










Total







Beban Belajar (Kredit)
47
47
53
53
50
50
300
Mata Pelajaran
17
17
20
20
20
20
114

*) Pelaksanaan Pembelajaran bisa dilakukan pagi, siang, sore atau malam
**) Diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites